Senin, 28 April 2014

ALIRAN SUREALISME

Pengertian surealisme
      Surealisme, adalah sebuah aliran seni dan kesasastraan yang menjelajahi dan merayakan alam mimpi dan pikiran bawah sadar melalui penciptaan karya visual, puisi, dan film.
      Pengertian surealisme itu sendiri adalah gerakan budaya yang mempunyai unsur kejutan sebagai ungkapan gerakan filosopis .
Tokoh-tokoh surealisme
      Salvador Dali
           
            Salvador Dali yang dilahirkan di Figueras, Catalonia Spanyol pada tahun 1904 adalah salah seorang tokoh Surealisme terdepan yang sangat berpengaruh. Perkenalannya pertama kali dengan gerakan Surealisme terjadi semenjak ia mengunjungi Paris pada tahun 1928.. Pada masa inilah ia banyak melakukan eksperimen lukisan, film, dan benda-benda surealistis. Film pendek “Un Chien Andalou” (1929) dan “L`Age d`Or” (1939) menjadi dokumen penting yang menunjukkan minat kaum surealis akan penggunaan hubungan kesejajaran yang ganjil (unexpected juxtaposition) antara objek dengan gagasan.
      Max Ernst
            Max Ernst dilahirkan pada tahun 1891 di Brühl, Cologne. Ia berlatar pendidikan filsafat di Universitas Bonn sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pelukis. Bersama sahabatnya, Arp dan Baargeld, ia mendirikan kelompok Dada Cologne dengan nama “Dada W/Z,” dan berkolaborasi dengan Arp dalam Fatagaga. Selama di Cologne Ernst bertemu dengan Eluard dan Breton, yang keduanya menyukai karyanya. Setelah tinggal di Paris semenjak tahun 1922 Ernst bergabung dengan mereka untuk mendirikan gerakan Surealisme.
      Juan Miró
           
            Lahir di Barcelona pada tahun 1893 dari ayah seorang pandai emas, dan meninggal pada tahun 1983. Pada tahun 1907 Miró meninggalkan sekolah ekonominya untuk memasuki sekolah seni rupa di Barcelona, lalu ia meneruskan ke Académie Gali. Karya awalnya yang representasional dipengaruhi Van Gogh, Cézanne, Matisse, dan kemudian Picasso (Sylvester.1993:91; Hébard, 1995). Pameran pertamanya diadakan pada tahun 1918 di Barcelona
      Yves Tanguy
           
            Yves Tanguy dilahirkan pada tahun 1900. Mengaku menjadi seorang pelukis begitu melihat salah satu lukisan de Chirico di Paris pada pertengahan tahun 1920-an. . Tanguy menganggap unsur kejutan adalah kesenangan dalam melukis. Ia mengangkat objek yang tidak biasa dan tidak memiliki kesamaan dengan apapun ke atas kanvas lukisannya. Subject-matter lukisannya tidak nyata dan pengolahan kesan perspektif yang ganjil beserta efek cahaya dan bayangan dipengaruhi de Chirico.
Sejarah surealisme
      Surealisme, dalam banyak karakteristik,merupakan kelanjutan dari gerakan seni pendahulunya yang dikenal sebagai dada.yang didirikan di tengah berkecamuknya perang dunia 1 (1914-1918): terhentak oleh kenyataan kehancuran besar-besaran dan melayang begitu banyak nyawa yang diakibatkan perang.khususnya setelah penghancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat perang, adalah naif dan tidak reallistis.program surealis adalah pengembangan dari dada, tapi menaruh lebih banyak pandangan positif secara esensial pada pesan negatif dada.                    
                 ,
CIRI-CIRI  KECENDERUNGAN  SUREALISME
      Objek lukisan tampak aneh dan asing seolah-olah hanya terdapat di alam mimpi
           
                  Pada perkembangannya, Breton dalam Dictionaire abrégé du Surréalisme (1938) membuat pemerian akan dua kecenderungan besar dalam aliran Surealisme.


Surealisme Ekspresif
      Pada kecenderungan ini seniman menghadirkan aneka simbol abstrak dengan pertimbangan emosional dalam wujud yang umumnya tidak berasosiasi dengan apapun (setelah memasuki kondisi di bawah sadar). Joan Miró, Andre Masson, Matta adalah seniman yang berkarya dengan kecenderungan ekspresif ini
Surealisme Fotografis
      Surealisme ini menekankan penggunaan teknik akademis yang rasional untuk menggambarkan ide tentang ilusi yang absurd dan imaji mimpi yang ganjil dan mengandung halusinasi, sehingga disebut juga sebagai magic-realism atau hallucinatory realism. Salvador Dali dan Rene Magritte merupakan seniman yang banyak berkarya dengan pendekatan realis atau verisme ini
Kesimpulan
      Surealisme sebagai gerakan seni yang penting di abad ke-20 tidak terlepas dari pengaruh Dadaisme yang mendahuluinya. Kesamaan pelaku, latar belakang dan visi berkesenian antara kaum Surealis dan Dadais, perkembangan psikoanalisis Freud, dan adanya gagasan tentang fantasi dari para maestro di masa lalu menjadi pondasi yang kuat bagi Surealisme.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar